Mengembalikan File CHK Pada Flash Disk, MMC Kamera, dll


Pengalaman saya ketika ada kegiatan dalam rangka hari besar Islam, hasil jepretan foto dan rekaman video teman saya dalam MMC hilang entah kemana. Yang ada hanyalah Folder dengan "Folder000" dan dilamnya terdapat file-file berekstensi CHK yang tidak pernah saya tahu sebelumnya.

Setelah saya mencari-cari informasi di Google, akhirnya saya tahu mengapa hal tersebut bisa terjadi. File dalam MMC camera yang berubah menjadi file CHK tersebut ternyata bisa terjadi karena kita melepas MMC tanpa mematikan camera terlebih dahulu. Jika terjadi pada flashdisk, kemungkinan besar karena seringnya mencabut Flash Disk tanpa "Remove Safely USB".

Hal ini diakibatkan terjadinya kerusakan / error (bad sector) pada Flash Disk kita, sehingga Windows dengan sengaja mengganti File-File tersebut menjadi File berekstensi CHK. Tujuannya mungkin agar sector yang error tersebut tidak digunakan kembali.

Nah, akhirnya saya mendapatkan solusi, ternyata file CHK tersebut dapat direcovery dengan bantuan beberapa software. Salah satunya yaitu UnCHK. Jadi inti aplikasi ini adalah mengembalikan semua file kita yang dirubah menjadi file berekstensi CHK.

Petunjuk penggunaan:
1. Buka Unchk.exe
2. Pilih folder yang didalamnya terdapat file chk.
3. Pilih folder tujuan untuk hasil recovery.
4. Pilih scan depth. Disarankan memilih hard drive. Klik ok.
5. Tunggu hingga proses selesai. Jika program not responding, biarkan saja karena proses masih tetap berjalan.

Proses dalam mengembalikan file CHK memang cukup lama, apalagi bila size-nya cukup besar.

Link download UnCHK:
Password: 
*jika link rusak, harap hubungi saya

Apabila muncul peringatan seperti gambar dibawah ini, download lewat link di bawah gambar dan letakkan file MSVBVM50.dll di C:\Windows\System32

Link download MSVBVM50.dll:
Password: 
*jika link rusak, harap hubungi saya

 Semoga bermanfaat.

Pengunjung yang baik akan dengan senang hati untuk klik iklannya :)
Iqbal Musthofa Bariklana Labels: 10:05 0 comments
Post a Comment

Back to Top